The Freedom To Love

Tips pada pisikotes kerja

Jadi persiapan apa sebaiknya yang harus Anda lakukan untuk menghadapi Psikotes ? Ingatlah bahwa Psikotes hendak mengukur kondisi kecerdasan, kepribadian, dan sikap atau cara kerja yang memang nyata ada dalam diri Anda. Sehingga Anda tidak perlu didikte mengenai cara menjawab soal dan menjadi orang lain, bukan menjadi diri sendiri. Persiapan yang perlu Anda lakukan dalam menghadapi Psikotes adalah :

1. Persiapan Fisik, artinya cukup makan, istirahat dan usahakan tetap sehat. Sehingga Anda bisa berkonsentrasi dengan baik untuk mengerjakan persoalan yang diberikan.
2. Persiapan Mental, ada kalanya Anda tidak bisa menduga jenis atau ragam tes yang akan diberikan. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi aneka tes atau persoalan. Di atas sudah disinggung bahwa ada 3 aspek yang diukur dalam psikotes (kecerdasan, kepribadian, dan sikap atau cara kerja). Termasuk persiapkan diri Anda untuk mengerjakan soal yang mungkin dirasa sulit.
3. Simak instruksi yang diberikan baik-baik. Jangan jadi orang yang sok tahu tentang tes yang akan diberikan walaupun Anda sudah berkali-kali ikut Psikotes. Tanyakan bila ada instruksi yang kurang dimengerti.
4. Kerjakan setiap soal dengan yakin. Keyakinan diri yang kuat membuat Anda dapat mengerjakan soal dengan mantap.
5. Be yourself ! Jawablah pertanyaan sesuai dengan gambaran diri Anda yang sebenarnya, bukan gambaran ideal atau pun gambaran diri orang lain.
6. Usahakanlah bekerja dengan cepat. Kerjakanlah tes dengan cepat karena Anda berpacu

0 komentar: